Wednesday, December 26, 2007

liburan nyam nyam

bagi orang-orang yang kenal gw pasti tau bahwa gw makannya dikit.. banget! hehehe.. stengah porsi aja ga abis, makany badan gw bisa tetep ceking gini
(above is a bull..)
perut-pemakan-segala yg banyak-enak-murah ini akhirnya mati kutu berlibur di ranah sunda.. gimana ga, lalapannya sgala macem.. makanannya juga unik-unik (kata sopan pengganti kalimat "aneh-aneh").. cara makannya juga unik bgt..


mengutip kata plaku crita kmaren :"lo bisa tau itu orang sunda diliat dari cara makannya!" ah masa sih?? eh tapi bner loh, baru di perjalanan menuju banjar aja, bgitu dah lewat purwokerto (dah baca tragedi pantat tepos kan?!) kelakuan makan uniknya lgsung kbuka..
dimana lg kita bisa liat orng dngn santainya makan lontong pake gorengan!!! yups..
mengutip kata plaku crita kmaren lg : "cuma orang sunda yg makannya bgitu!" hwaaaaaaahhh.. *takjub-kedap-kedip*
ga cuma lontong, sang surabi pun dimakan pake cara yang sama (as u can see in the picture).. surabi yg gurih (dibuat cuma dr terigu, parutan kelapa, aer) ditimpa pake rasa gorengan udang yg super crunchy (aseli enak! udangny bnyak.. ibu surabi yg baek budi memang!! huhu..)
dan surabi pun membuka kedok siapa yg berlidah jawa,, lidah jawa lebih milih surabi itu disiram gula jawa cair.. yummy to my tounge, "itu mah serabi jawa!" lg lg mngutip plaku crita kmaren.. hehe..


di sunda, lalapan adalah makanan utama! lebay sih, tp bener.. ga enak rsnya kalo ga ngunyah daun muda (note: harafiah loh.. bukan "daun muda" yg mnjdi mangsa klan kita, teman-teman)
itung-itung gw nemu bbrapa lalapan aneh, dari leunca.. pernah denger tp ga pernah liat, ternyata bntuknya ky buah ceri merah yg waktu kecil sering gw curi dr puun tetangga, tp ini warnanya ijo.. rasanya kaya terong ungu yg dah kuntet dikerdilin lg..
terong-kuntet-kerdil ini paling enak dicocol2 ma sambel terasi (80% terasi+20% cabe)..
pernah denger honje? rombe? yg gw tau "honje"seksual ama kaleng"rombe".. hehe
dua benda asing di kuping, asing di lidah itu adalah salah satu pelengkap rasa tumis2an ma sambel2an juga.. rombe bentuknya ky bunga teratai, tapi dy tumbuh di puun, kelopak teratai-palsu ini yg bakan dicoplokin atu2 buat tumis tumis pakis! nyah loo.. tp enyak maut yg ini..
kalo honje, pertama liat ky sekumpulan jambu aer merah yg kembar siam banyak bngt.. saling bertempelan satu persatu,, tapi sayang yg didapet disini masih muda biji2nya masih putih, jd blom bisa dipake buat sambel.. hmm.. mungkin rasanya kaya pisang batu di rujak bebek (bukan bebek kwek-kwek) kali y.. kan bebiji2 juga (hhaaahh.. asam lambung gw jd aktif byngin makanan.. huaaah.. ngiler.. slurp!)
masih ada lg.. gw gatau namanya apa, tapi spnglihatan gw itu mirip ky daun yg di pot-pot yg ditanem nyokap di rumah.. huwaaaa.. trus ada lalapan yg bentuk nya kaya bunga gladiol! nah lo.. tp sayang gw ga sempet foto yg ini..
ga heran ada jokes "orang sunda dibuang ke hutan pasti bakal tetep idup, kan makannya daon muda!" hehe..


yg blg org sunda ga suka manis, ngadep gw.. salah kali.. jlas2 ada WAJIT! yes.. lo ga salah baca.. bukan wajiK.. bukan pula AJID, tu mah anak angk.01..
wajit tu dibuat dr campuran ketan, kelapa, gula merah.. trus kalo dah jadi dibungkus pake kertas WAJIK putih, ntar bentuknya ky enting-enting gepuk jogja.. tapi blom smpet icip2.. kan buat oleh-oleh.. hmm.. apa gwsah jd oleh-oleh y, dimakan sndiri aj kynya enyak bgt.. hoho..


but however, the best way to know a culture is from it's food.. ya ga??
kuliner emang nyang paling tobh dah.. MAKNYUSSSS.. (copyrite Pak Bondan)

No comments:

Post a Comment